Air Tanah

 
 Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan. Selain sebagai kebutuhan utama manusia seperti minum, mandi, masak, dll, air juga diperlukan untuk kebutuhan industri baik dalam skala kecil hingga skala besar. Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi.

   Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, air bawah tanah, dan lautan es.

   Air bawah tanah atau sering disebut dengan air tanah, adalah air yang terdapat pada ruang antar butir batuan atau celah-celah batuan. Letak air tanah dapat mencapai beberapa puluh bahkan beberapa ratus meter di bawah permukaan bumi. Lapisan batuan ada yang lolos air (permeable) dan ada pula yang tidak lolos/kedap air (impermeable). Lapisan lolos air misalnya terdiri dari kerikil, pasir, batuapung, dan batuan yang retak-retak, sedangkan lapisan kedap air antara lain terdiri dari napal dan tanah liat atau tanah lempung. Sebetulnya tanah lempung dapat menyerap air, namun setelah jenuh air, tanah jenis ini tidak dapat lagi menyerap air.

   Menurut letaknya, air tanah dapat dibedakan sebagai air tanah dangkal (air tanah preatik) yaitu air tanah yang terdapat di atas lapisan kedap air yang paling dekat dengan permukaan bumi, dan air tanah dalam (air tanah artesis) yaitu air tanah yang terdapat pada lapisan lolos air yang terletak di antara dua lapisan batuan kedap air. Air tanah jenis ini memungkinkan terjadinya sumber air artesis, manakala ia dapat muncul sebagai mata air dengan tekanan cukup tinggi.

Related Post



Anonim mengatakan...

Banyak orang yang menggunakan jasa air dari perusahaan daerah, namun merekan merasa kecewa karena air yang mereka dapatkan hanya sedikit . perusahaan perusahaan tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan harga air tetap
jasa pembuatan sumur bor murah

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

Jasa Service / perbaikan / penggantian Berbagai macam pompa air


Jasa Sumur Bor Murah

Posting Komentar